Patut Diwaspadai, Kenali Penyebab Pemanasan Global Berikut Ini!

penyebab pemanasan global
newscientist.com

Penyebab pemanasan global yakni dipengaruhi oleh adanya peningkatan umum suhu udara dan laut di permukaan bumi. Pemanasan global bisa mengakibatkan berbagai macam perubahan, seperti kesehatan global, kualitas pangan, cuaca ekstrem, dan masih banyak yang lainnya.

Ya, sekarang ini dunia tengah menghadapi isu pemanasan global atau global warming. Para ahli mengemukakan, bahwa global warming merupakan terjadinya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, daratan bumi, serta lautan.

Apa Saja yang Menjadi Penyebab Pemanasan Global?

Global warming menjadikan suhu di bumi kian terasa panas. Adanya global warming ini memang sangat mempengaruhi lingkungan atau sumber daya alam. Ya, tanpa Anda sadari maupun disadari, terdapat banyak kebiasan yang kita lakukan sebagai manusia sehingga menyebabkan pemanasan global.

Apabila penyebab tersebut tidak Anda cegah, maka global warming dapat mengakibatkan permasalahan besar di bumi. Selain itu juga mempunyai dampak negatif, seperti menipisnya lapisan ozon, efek rumah kaca, serta banyak ekosistem yang menjadi rusak.

Bahkan, global warming ini juga dapat berdampak terhadap kesehatan manusia. Pemanasan global juga dapat mengakibatkan kepunahan untuk fauna maupun flora. Oleh sebab itu, yuk kenali apa saja yang bisa menyebabkan global warming ini.

Populasi Hutan Berkurang

Penyebab pemanasan global yang pertama yaitu karena adanya banyak penebangan hutan, baik secara legal maupun ilegal. Hutan berperan sebagai paru-paru dunia. Sehingga punya fungsi penting untuk kehidupan manusia. Akan tetapi, Bank Dunia mencatat terdapat kira-kira 14,4 juta ha hutan yang hilang tiap tahunnya.

Hal ini akibat adanya pembukaan lahan untuk kawasan industri dan juga perumahan. Sehingga pada akhirnya menyebabkan banyak efek rumah kaca. Semakin berkurangnya jumlah pohon yang bisa menyerap karbondioksida juga bakal berdampak buruk. Seperti adanya pencemaran udara yang mengganggu kesehatan manusia.

Meningkatnya Gas Rumah Kaca

Gas rumah kaca juga menjadi salah satu penyebab dari global warming. Ya, gas rumah kaca ini asalnya dari pembakaran minyak bumi, seperti gas alam dan batu bara.

Adanya gas rumah kaca tersebut mengakibatkan pemanasan yang terpantul menjadi tak dapat diteruskan ke luar angkasa. Nah, panas itu justru kembali ke bumi lalu mengakibatkan global warming.

Polusi Udara

Global warming terjadi juga akibat adanya polusi udara. Fenomena tersebut terjadi karena pembakaran bahan bakar mesin pada kendaraan bermotor yang akhirnya menghasilkan gas CO2 alias karbondioksida.

Seperti yang Anda ketahui, gas tersebut tidak dapat diteruskan ke luar angkasa, sehingga panasnya terperangkap di bumi. Hal itulah yang kemudian menjadikan bumi ini terasa lebih panas.

Sampah Plastik

Pemakaian sampah plastik juga dapat menjadi penyebab pemanasan global, lho. Pasalnya, sampah plastik ini tidak bisa menghasilkan gas metana dan etilen ketika terkena matahari. Dengan demikian, penumpukan sampah plastik ini dapat menyebabkan global warming. Selain itu, sampah plastik juga tidak gampang terurai serta dapat mengakibatkan perubahan iklim.

Perilaku Konsumtif

Kerap kali Anda tidak menyadari, jika perilaku konsumtif juga dapat menyebabkan terjadinya global warming. Sebab, seluruh produk yang Anda beli atau pergunakan, pembuatannya memakai energi yang sangat banyak. Energi listrik dan batu bara misalnya. Dengan begitu, hal tersebut akan meningkatkan global warming serta menghasilkan gas yang menyebabkan efek rumah kaca.

Polusi Metana

Gas metana menempati urutan ke-2 sebagai gas yang dapat mengakibatkan kerusakan pada lingkungan serta menyebabkan terjadinya global warming. Gas metana ini berasal dari bahan organik seperti sisa makanan, hasil dari pemecahan bakteri pada perkebunan, peternakan serta pertanian. Nah, gas metana tersebut dapat memerangkap panas di dalam atmosfer sehingga menyebabkan naiknya suhu panas di bumi.

Pemakaian Listrik yang Berlebihan

Penyebab global warming lainnya yaitu akibat pemakaian listrik secara berlebihan. Ketika memakai listrik, maka bakal terjadi penguapan cahaya yang mengakibatkan suhu jadi lebih panas. Suhu panas tersebut akan terperangkap di bumi lalu menyebabkan kerusakan pada alam.

Demikian ulasan singkat seputar penyebab pemanasan global. Dari keterangan tersebut, dapat Anda ketahui bahwa sebagian besar global warming terjadi akibat kegiatan manusia yang terlalu banyak mengeksploitasi sumber daya alam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.