Manfaat Pijat Bayi, Berikut Cara Melakukannya dengan Tepat

Manfaat Pijat Bayi
unsplash.com

Ada beragam manfaat pijat bayi yang bisa Anda dapatkan jika melakukannya dengan baik dan benar. Sebenarnya pijat pada bayi ini bukan hanya bermanfaat bagi bayi saja, namun juga bermanfaat untuk sang ibu. Namun memijat bayi bukanlah hal yang bisa Anda lakukan dengan sembarangan. Karena jika Anda melakukan kesalahan bisa sangat berbahaya bagi bayi tersebut.

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui cara memijat bayi yang baik dan benar. Memijat bayi ini harus dilakukan dengan cara yang lembut dan hati-hati. Karena otot dan kulit bayi masih sangat tipis sehingga masih sangat sensitif. Makanya sebelum memijat bayi ada baiknya mengetahui teknik yang tepat.

Manfaat Pijat Bayi, Perhatikan Cara Melakukannya Berikut Ini!

Manfaat melakukan pijat bayi ini beragam. Seperti dapat membantu pertumbuhan bayi lebih optimal. Bahkan pijat ini bisa memperkuat ikatan antara bayi dan ibu. Selain itu, memijat bayi ini juga bisa membuat tidur bayi jauh lebih nyenyak. Bayi akan jauh lebih banyak tidur di malam hari dan sedikit tidur di siang hari.

Selain itu, pijat bayi ini juga sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan bayi. Seperti yang kita tahu, bayi sangat sensitif terutama masalah pencernaannya. Hal yang tidak kalah uniknya, pijat pada bayi ini juga bisa meningkatkan kedekatan bayi dan ibu. Nah, bagi Anda yang belum tahu cara pijat bayi ada baiknya memperhatikan cara berikut ini.

Pilih Ruangan yang Nyaman

Manfaat pijat bayi yang pertama Anda harus mencari ruangan yang nyaman terlebih dahulu. Pastikan ruangan tersebut hangat dan tenang. Sebaiknya sebelum Anda mulai memijat, lepaskan semua aksesoris yang Anda gunakan seperti gelang dan cincin.

Tujuannya agar selama proses pijat aksesoris ini tidak melukai bayi. Kemudian Anda bisa mempersiapkan minyak pijat khusus bayi. Pastikan minyak tersebut aman untuk digunakan pijat bayi. Anda juga bisa menggunakan baby oil untuk pijat.

Melepaskan Semua Pakaian Bayi

Cara selanjutnya Anda juga harus melepaskan semua baju yang digunakan bayi. Termasuk Anda juga harus melepaskan popok yang digunakan bayi. Kemudian Anda bisa membaringkan bayi yang sebelumnya bisa Anda selimuti menggunakan handuk lembut. Pastikan posisi bayi menghadap atas.

Selanjutnya tidurkan mereka. Sebelumnya, berikan bantal bayi di bawah kepala bayi kemudian Anda bisa langsung membaringkannya. Pastikan posisi bayi sudah nyaman dan aman, sehingga proses pijat bisa Anda mulai.

Mulai PIjat

Manfaat pijat bayi dan cara melakukannya selanjutnya Anda bisa langsung memijat bayi. Pertama Anda bisa memegang tangan bayi. Kemudian gosok secara lembut permukaan tangan bayi. Sebelumnya pastikan Anda juga ikut mengaplikasikan baby oil dalam proses pijat ini.

Setelah kedua tangan sudah dipijat selanjutnya Anda bisa memijat pada bagian kaki bayi. Kemudian Anda juga bisa memijat seluruh badan bayi. Pastikan ketika Anda melakukan hal ini, Anda sudah melakukannya dengan hati-hati agar tidak menyakiti bayi tersebut.

Lakukan Pada Waktu yang Sesuai

Pastikan sebelum Anda memijat untuk mengetahui waktu yang tepat ketika ingin memijat bayi. Sebaiknya hindari ketika bayi sedang kenyang atau lapar. Selain itu ketika bayi terlihat enggan dipijat Anda bisa menghentikan proses pijat.

Jangan Bangunkan Bayi Ketika Tidur

Manfaat pijat bayi dan cara melakukannya sebaiknya jangan membangunkan bayi ketika tidur untuk pijat. Ada baiknya tunggu hingga mereka bangun. Sebelum melakukan pijat melakukan interaksi dengan bayi hingga bayi benar-benar siap dipijit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.