Fintech atau Financial Technology, Pahami Keuntungannya

Fintech merupakan istilah yang ditujukan pada bidang teknologi atau keuangan. Fintech adalah perusahaan yang membangun inovasi dalam bidang jasa keuangan dengan sentuhan teknologi modern. Bisa dibilang, fintech merupakan sebuah teknologi yang membantu transaksi jual beli menjadi lebih mudah.

Fintech merupakan singkatan dari Financial Technology, dalam bahasa Indonesia bisa disebut teknologi finansial atau teknologi keuangan. Fintech bisa dibilang sebagai semua gagasan yang sifatnya inovatif dan bisa meningkatkan proses layanan finansial dengan cara menawarkan solusi dalam bentuk teknologi yang didasarkan dalam situasi bisnis yang tidak sama.

Ruang lingkup fintech menggpai semua jenis inovasi teknologi yang berkaitan dengan keuangan. Cakupannya meliputi lembaga keuangan tradisional, perusahaan rintisan, pengembangan teknologi, hingga konsumen keuangan serta pemerintah.

Data yang didapat dari World Bank, pengguna Fintech yang awalnya berada di angka 7% di tahun 2007, mengalami penambahan menjadi 20% di tahun 2011, lalu meningkat menjadi 36% di tahun 2014, dan pada tahun 2017 sudah mencapai angka 78% atau didata sebanyak 135-140 perusahaan. Jumlah nilai transaksi Fintech di Indonesia pada tahun 2017 diperkirakan pada angka Rp 202,77 Triliun.

Untuk bertransaksi bitcoin dapat menggunakan Pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di indonesia

 

Fintech adalah

Fintech merupakan singkatan dari financial technology atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai teknologi finansial. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fintech merupakan penggabungan antara teknologi dengan sistem keuangan.  Berdasarkan Otoritas Jasa Keuanga atau OJK, fintech merupakan suatu inovasi dalam industri jasa keuangan yang memanfaatkan penggunaan teknologi. Produk-produk fintech pada dasarnya berupa suatu sistem yang dibangun untuk menjalankan mekanisme transaksi keuangan dengan spesifik.

Selain itu, berdasarlan data dari Investopedia, fintech merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan teknologi baru yang berusaha meningkatkan serta mengotomatiskan penyampaian dan penggunaan layanan keuangan. Fintech dipakai untuk membantu perusahaan, pemilik bisnis, serta konsumen yang mengelola operasi, proses, dan kehidupan keuangan mereka secara lebih baik dengan memanfaatkan teknologi.

Dilansir dari Bank Indonesia, fintech merupakan penggunaan teknologi pada sistem keuangan yang menghasilkan produk, layanan, teknologi, atau model bisnis baru serta bisa berdampak dalam stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, atau efisiensi, kelancaran, keamanan, serta keandalan sistem pembayaran.

FinTech muncul bersamaan dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang pada saat sekarang ini didominasi oleh pengguna teknologi informasi dengan tuntutan hidup yang serba cepat. Dengan adanya FinTech, permasalahan pada transaksi jual-beli serta pembayaran, seperti tidak dapat mencari barang ke tempat perbelanjaan, ke bank/ATM untuk mentransfer dana,serta keengganan untuk mengunjungi suatu tempat karena pelayanan yang kurang menyenangkan. Hal tersebut dapat diminimalkan dengan FinTech.

Melaui hal tersebut, FinTech mempermudah transaksi jual beli dan sistem pembayaran menjadi lebih efisien serta ekonomis namun tetap efektif. Fintech merupakan istilah yang mengacu pada integrasi teknologi ke dalam penawaran oleh perusahaan jasa keuangan untuk meningkatkan penggunaan dan penyampaiannya kepada konsumen.

 

Keuntungan adanya fintech

FinTech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini didominasi oleh pengguna teknologi informasi tuntutan hidup yang serba cepat. Dengan FinTech, permasalahan dalam transaksi jual-beli dan pembayaran akan jadi lebih efisien.

Menurut Bank Indonesia, keuntungan fintech adalah sebagai berikut:

Untuk konsumen, Fintech menawarkan manfaat:

– Memperoleh layanan yang lebih baik

– Pilihan yang lebih banyak

– Harga yang lebih murah

Untuk pemain Fintech (pedagang produk atau jasa), Fintech menawarkan manfaat:

– Menyederhanakan rantai transaksi

– Menekan biaya operasional serta biaya modal

– Membekukan alur informasi

Untuk suatu Negara, Fintech menawarkan manfaat;

​​- Membantu transmisi kebijakan ekonomi

– Menambahkan kecepatan perputaran uang sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat

– Di Indonesia, Fintech turut membantu Strategi Nasional Keuangan Inklusif/SKNI​

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.