Cara Mengatasi Laptop Black Screen, Ketahui Juga Penyebabnya!

Cara Mengatasi Laptop Black Screen
pexels.com

Salah satu permasalahan laptop yang mengganggu penggunanya yaitu black screen. Ketika pengguna laptop menjumpai masalah ini, tentu mereka akan segera mencari solusi atau cara mengatasi laptop black screen

Black screen merupakan keadaan pada saat laptop tetap menyala, namun tampil layar hitam. Saat mengalami hal seperti ini, biasanya pengguna akan merasa panik. Maka dari itu, segera cari solusi permasalahan ini.

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi laptop Black Screen Paling Mudah!

Laptop merupakan perangkat yang memiliki fungsi yang sangat penting untuk berbagai macam aktifitas. Perangkat ini lebih praktis dibandingkan komputer. Jadi, laptop bisa dibawa kemana-mana dan digunakan kapan saja.

Tak heran jika laptop juga kerap terjadi berbagai macam permasalahan, salah satunya yaitu black screen ini. Sebenarnya, black screen bukan termasuk permasalahan laptop yang serius. Anda bisa memperbaiki sendiri di rumah dengan mudah.

Sebelum mengetahui cara mengatasi laptop black screen, ada baiknya Anda mengetahui berbagai macam penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Laptop Black Screen

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat laptop Anda menjadi black screen:

  • Kerusakan memori internal PC
  • Masalah pada RAM
  • Masalah pada sistem Windows yang tidak dapat membaca file
  • Terlalu banyak start up yang diproses oleh laptop
  • Terdapat virus yang masuk ke sistem PC
  • Laptop overheat.
  • File windows corrupt di local disk C

Setelah mengetahui penyebabnya, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi laptop black screen tersebut.

1. Mengecek Layar Laptop

Cara pertama yang bisa Anda lakukan pada saat menjumpai laptop Anda black screen yaitu dengan mengecek kondisi layar laptop Anda.

Apabila Anda menjumpai layar laptop sudah dalam keadaan yang rusak parah, maka cara terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggantinya dengan yang baru.

Lalu bagaimanakah cara mengecek layar? Nah, untuk mengecek kondisi layar, cobalah Anda menghubungkan laptop Anda ke layar eksternal. Misalnya dengan menghubungkannya ke TV atau proyektor dengan memakai kabel HDMI.

Apabila gambarnya bisa muncul di layar eksternal, bisa diartikan jika masalah tersebut memang terletak pada layar Anda. Jika tidak, maka bisa jadi penyebabnya ada pada bagian lain, seperti VGA atau driver. Jadi, Anda harus segera mengupdatenya.

2. Membersihkan RAM

Jika permasalahannya terdapat pada posisi RAM yang kurang pas. Maka cobalah Anda membersihkan RAM. Caranya mudah, Anda bisa melepaskannya dari motherboard.

Pada saat Anda akan melepaskan RAM, maka pastikan laptop Anda harus keadaan mati. Pastikan juga tidak ada perangkat yang tersambung.

Bagian RAM bisa Anda bersihkan dengan memakai kuas atau penghapus pensil. Ketika bersih, maka RAM bisa Anda pasang lagi dengan posisi dengan benar.

3. Melakukan Install Ulang

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara melakukan install ulang. Sebaiknya Anda membackup terlebih dahulu data-data yang ada di laptop. Sebab, proses instal ulang ini dapat menghapus seluruh data yang terdapat pada komputer.

4. Ganti Layar Laptop

Ketika masalah laptop black screen tidak mampu teratasi dengan berbagai cara, maka solusinya yaitu dengan cara mengganti layar laptop Anda dengan layar yang baru.

5. Update Driver

Driver bisa saja menjadi penyebab munculnya masalah pada layar dari laptop Anda yang mengalami black screen. Maka dari itu, untuk mengatasinya sebaiknya Anda harus melakukan update driver.

Bukalah device manager, setelah itu pilih ‘Display Adapters’. Kemudian Anda bisa pilih adaptor tampilan layar dari laptop Anda. Setelah itu, Anda bisa klik kanan. Selanjutnya, Anda bisa pilih ‘Update Drive’.

Cara mengatasi laptop black screen ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun jika tidak bisa, Anda bisa membawanya ke tukang service yang terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.